Rabu, 27 Mei 2020

Kikiw

Sebut saja namanya Kikiw atau Kikik atau nama panjangnya Rizky Ramadhan Purnawati. Putri keraton Jogja jika dilihat dari penampakannya sebelum dia bersuara. Memang kalo keliatan dari jauh mah anaknya macam perempuan jawa gitu. Emang cewe Jogja tulen, ayu tenan rek, tapi sekalinya ngomong ngebass abis. Ga jarang kalo orang denger suaranya ajah dan ga ngeliat wujudnya pasti ngiranya ini bocah anak cowo.

Terus kenapa kalo diliat dari jauh ayu tenan? apa kalo dari deket keliatan jerawat-jerawatnya? Jawabannya ga sama sekali. Dari jauh maupun deket mukanya tetep kuning langsat licin dan tetap ayu, tapi ya itu, pasti orang sangkanya ini bocah kelakuannya persis cewe-cewe jawa yang kalem dan lemah lembut. tapi kalem apanyaaaa. Ini bocah ga sungkan-sungkan foto selfie lalu ngedit fotonya itu pake emot-emot aneh macam Raisa dan yang paling aku inget pas janjian nonton sama temen-temen dan lagi nungguin mba pin, si Kikiw beli d’crepes dan duduk sendirian ga ngegubris kita sama sekali makan crepes sambil cemot2an, yaaa meskipun begitu dia tetep temen aku paling kece, paling baik, dan paling segala, dan teteep banyak penggemar cowonya (hahahahahahaahahahaa).

Aku mau ceritain tentang kikiw dan bang daru nih, versi aku. Kan kalo di blognya kikiw, kikiw nulisnya versi kikiw, nah ini tulisan versi aku yang agak-agak ngikutin ceritanya kikiw sejak awal mula bersama bang Daru.

Okaaay jadi begini ceritanya. Pas semester 7 anak-anak kehutanan diwajibin buat PKL. Nah aku sama Kikiw sekelompok terus ditambah sama Kakak Put, Cecen, dan Dennis. Naaah petualangn kami diawali dengan pergi ke Ambon sekitar 5 hari kalo ga salah. Transit dulu sebelum ke tempat PKL sebenernya yaitu di Papua Barat. Nah pas di Ambon ini lah, untuk pertama kalinya aku denger kikiw cerita tentang Bang Daru, tapi cuma bentar banget. Si kikiw nya bilang gini :

 “Boooool ada abang2 anak UGM, aku kenalnya lewat twitter sekitar setahun yang lalu tapi ga aku gubris-gubris, dia itu adminnya akun twitter ini (Kikiwnya nyebutin satu nama akun twitter yg isinya anak-anak kehutanan seluruh Indonesia). Bola jangan kasih tau siapa2 yaaaa”.

Ternyata kisah cinta Kikiw berlanjut sampai Papua. Di Papua, biasanya kita berlima antrian mandi sekitar jam 6 pagi. Nah, setiap nungguin antrian itu kikiw telpon-telponan dengan Bang Daru, kalo di Papua jam 6 pagi berarti kan di Jogja jam 4 pagi, dalam hati aku, gile niat banget nih bang Daru, tapi tetep ga mendukung2 banget karena mereka ga pernah ketemu, cuma kenal lewat twitter dan lanjut sms-sms an (kalo ga salah sms deh ya, pas aku kepoin sama kk put sms nya panjang2 bener, pas jaman BBM sih itu tp gatau kenapa mereka malah sms an).

Waktu berlalu dan sampailah dimana aku dan anak-anak selesai PKL dan sibuk bikin laporan PKL di kampus. Hari itu aku sama Kikiw janjian mau ngerjain laporan PKL di LSI (perpustakaan kampus). Nah, hari itu aku bawel seperti biasa, berkeluh kesah ke kikiw mengenai betapa malesnya ngerjain laporan dan betapa hitamnya kulit kami saat itu, tapi anehnya hari itu Kikiw lebih pendiem. Dia ngegubris cerita aku cuma dengan senyuman. Ga kepikiran apa-apa, aku sama Kikiw lanjut bikin laporan. Sampe suatu saat hape Kikiw bunyi ditelpon sama orang rumahnya. Ternyata telpon itu mengabarkan kalo ayah Kikiw meninggal dunia. Kaget dan baru ngeh kenapa Kikiw aneh banget dari pagi. Ga gubris-gubris apa yg aku ceritain. Ternyata ini toh. Akhirnya Kikiw pulang ke Jogja hari itu juga.

Sewaktu Kikiw di Jogja, aku ga ngehubungin kikiw sama sekali, paling sms kakak put mengira-ngira gimana perasaan Kikiw ditinggal ayahnya, apakah Kikiw cukup tenang menghadapi kehilangan itu apa malah sebaliknya. Sebenernya kepulangan dari PKL kami itu sendiri adalah tanda-tanda kehilangan Kikiw atas ayahnyaa. Kenapa begitu, karena ada wacana kalo PKL ditambah seminggu. Jelaslah cewe-cewe yang udah pada kangen liat matahari Bogor yg lebih bersahabat daripada matahari Papua menolak ngelanjutin PKL seminggu lagi dan untung emang ga jadi, cuman Dennis doang yg tetap tinggal di Papua buat melanjutkan penelitiannya. Untung banget ga dilanjutin, sebab kalo dilanjutin Kikiw ga bakal bisa langsung ke Jogja ngeliat ayahnya yg terakhir kalinya. Segala sesuatu emang ada hikmahnya.

Akhirnya sampailah dimana Kikiw harus ke Bogor ngelanjutin tanggungjawabnya ngeberesin laporan PKL. Aku masih tetep nemenin dia ngerjain laporan sesekali bertukar cerita. Kikiw cerita kalo pas dia sampe Jogja, ada Bang Daru nungguin Kikiw turun dari travel. Abangnya beneran usaha banget nyari alamat Kikiw di Jogja buat bisa nyelawat ke rumah Kikiw. Nah, dari situlah sepertinya Kikiw melihat kalo Bang Daru ini serius. Dan waktu berlalu, penelitian, nyusun skripsi, sibuk nemenin temen-temen mempersiapkan baju dan sepatu buat seminar, dan yang pasti momen-momen itu berjalan, kikiw masih tetep sama Bang Daru. Dan di awal tahun 2015 ini akhirnya dapat kabar gembira kalo Kikiw dilamar bang daru. Padahal awalnya semua ga yakin dengan hubungan Kikiw ini yang cuma kenalan lewat twitter.

Selamat Kikiw, pasti bahagia banget dilamar oleh orang yang paling kita cintai, berjanji bersama selamanya, mendukung satu sama lain, menghadapi semua tantangan.


ditulis pada tanggal 02 Mei 2015, Jambi.

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar